Stephen Wolfram

 


Stephen Wolfram (lahir 29 August 1959) adalah seorang ilmuwan asal Britania Raya sekaligus desainer utama aplikasi perangkat lunak Mathematica dan mesin pengetahuan komputasional Wolfram Alpha.

Biografi~

Orang tua Stephen Wolfram merupakan pengungsi Yahudi yang datang dari Westfalen, Jerman, ke Inggris pada tahun 1933. Ayah Wolfram, Hugo, adalah pengrajin tekstil dan novelis (Into a Neutral Country) dan ibunya, Sybil, adalah profesor filsafat di Universitas Oxford.Ia memiliki seorang adik laki-laki bernama Conrad.
Wolfram melanjutkan studinya ke Eton, tempat ia berhasil membuat guru-gurunya kagum dan heran atas kecerdasannya dan penolakannya untuk diajari. Ia malah melakukan pekerjaan rumah teman-temannya dengan dibayar. Wolfram menerbitkan sebuah artikel tentang fisika partikel, tetapi ia mengaku bosan dan keluar dari Eton pada tahun 1976. Ia masuk St John's College, Oxford pada usia 17 tahun, namun menganggap kuliah di sana "berantakan". Wolfram kemudian bekerja secara independen dan menerbitkan tulisan yang banyak menjadi bahan rujukan tentang produksi kuark berat pada usia 18 tahundan sembilan tulisan lain sebelum keluar tahun 1978 tanpa kelulusan. Ia mendapatkan gelar Ph.D. dalam bidang fisika partikel dari California Institute of Technology pada usia 20 tahun,bergabung dengan mereka dan mendapatkan salah satu Hadiah MacArthur pertama tahun 1981, pada usia 21 tahun.Menurut Google Scholar, Stephen Wolfram dirujuk oleh lebih dari 30.000 terbitan (hingga April 2012) dan memiliki indeks-h sebesar 58.
Karya Wolfram bersama Geoffrey Fox dalam teori interaksi kuat masih dipakai sampai sekarang dalam ilmu fisika partikel eksperimental. Wolfram menikah dengan seorang matematikawati dan memiliki empat anak.[11]
Wolfram mendapat sambutan meriah atas pidatonya di 2010 TED Talk yang berjudul "Computing a Theory of Everything"dan di SXSW 2012, tempat ia dinobatkan sebagai Pembicara Terbaik Tahun Ini.

thumbnail Title : Stephen Wolfram
Posted by : Unknown
Published : 2013-03-09T07:52:00-08:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews