Tidur Sehabis Sahur, Berbahaya kah?


Assalamualaikum Wr.Wb Kali ini saya memosting ini karena selain Masih Dalam bulan Ramadhan Artikel Ini Bermanfaat Bagi Kesehatan Anda Kususnya Bagi Yang Susah
Bangun Pada saat Sahur dan akhirnya sehabis sahur anda tidur lagi.
Tidur sehabis sahur berbahaya nggak sih.... ? Yuk kita ulas di sini.

Tidur setelah sahur memang tidak haram. Namun, dari sisi ilmu gizi dan kesehatan tidur setelah makan sangat tidak dianjurkan bahkan dalam kategori dilarang karena dampak buruknya sangat banyak.

Pramono, ahli gizi dari Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin dalam tulisannya kepada Tribunnews.com mengatakan dampaknya antara lain perut akan jadi buncit karena saat tidur tubuh jadi hemat energi dan secara otomatis lemak akan mudah tertimbun di perut kita.

Juga akan terjadi refluks, karena makanan belum dicerna maka bisa berbalik dari lambung ke kerongkongan (atau biasa disebut refluks) karena pengaruh gravitasi akibat kita tidur.
"Jika terjadi refluks maka asam lambung akan naik dan melukai kerongkongan. Karena mengalami luka, kerongkongan akan terasa panas seperti terbakar, dan mulut pun terasa pahit," tulis Pramono.

Normalnya isi lambung/maag akan kosong kembali sekitar dua jam setelah kita makan, tapi kalau posisi tubuh kita berada pada posisi baring, maka proses pengosongan lambung/maag akan terhambat/terlambat. Hal ini akan mengakibatkan timbulnya gangguan pencernaan seperti mencret atau sembelit tergantung bahan makanan yang kita makan.
Meningkatnya resiko terkena stroke juga bisa saja terjadi kalau kita tidur setelah sahur.

Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur mempunyai risiko terendah untuk mengalami stroke.

Jika seandainya kita masih ingin tidur setelah makan sahur atur saja minimal 2 jam setelah makan sahur baru tidur.
Tak heran jika  banyak ulama berpendapat bahwa tidur setelah makan sahur sebaiknya tidak di lakukan .

Nabi Muhammad SAW telah memberika tuntunan bahwa makan sahur jangan ditinggalkan dan dianjurkan untuk diakhirkan waktunya jadi sampai menjelang subuh atau waktu imsyak sehingga secara logika maka setelah sahur maka langsung dilanjutkan ibadah Sholat Subuh dan jika setelah sholat subuh dilanjutkan dengan wirid yang cukup panjang maka matahari telah terbit dan sudah waktunya untuk bekerja.

Rasulullah SAW tidak langsung tidur setelah makan. Beliau beraktivitas terlebih dahulu supaya makanan yang dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dan baik sehingga mudah dicerna.

Caranya bisa juga dengan shalat. Rasulullah SAW bersabda,"Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah SWT dan shalat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras."(HR Abu Nu'aim dari Aisyah r.a.).

Lah Begitu sob... Masih ada yang Tidur habis sahur... Berbahaya bukan... Usahakan sehabis sahur kita sholat shubuh dan mengaji... Terimakasih @center 60

thumbnail Title : Tidur Sehabis Sahur, Berbahaya kah?
Posted by : Unknown
Published : 2013-07-23T01:41:00-07:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews

52 komentar

makasih gan
mampir balik ya
salam

Balas

Makasih sob Informasi menariknya dapat saya pahami

Balas

Ok.. :) sama sama mas... Ntar sya berkunjung

Balas

:) terimakasih mas...

Balas

owh gitu.. oke oke makasih gan buat artikelnya :D heheh

Balas

Wah kalo saya sahurnya menjelang subuh sob, jadi bisa langsung sholat trus baca qur'an, baru deh ketiduran hehe..
nais inpoh sob...

Balas

waduh mati mi saya,, udah kebiasaan tidur setelah makan sahur... :( sholat subuh juga kagak

Balas

trimakasih dah berbagi sob,,,,

Balas

lebih baiknya begitu mas,,,

Balas

aku kadang tidur kdang gk, klo tau gitu gk tidur deh, mksh sob infonya

Balas

ok ok mas nandar... :D

Balas

Yahhh.... :v Ngga papa tidur... asal jangan Tidur terlalu pulas...
tidurnya senden... :D

Balas

waduh.. :-( .....

Balas

Ok... Terimakasih Sudah Membaca... :D

Balas

Ok, baru tahu nih :D

Balas

sipp sipp ;) o iya gan bikin tombol buat follow blog ini dong gan, saya pengen follow biar updatenya mas selalu hadir di blogger saya :D biar rajin gitu kesini nya.. yayayaya

Balas

makanya saya gak pernah tidur selama subuh ramadhan ini, sob. udah amal ibadah kurang, eh perut bakal buncit. siapa yg mau

Balas

OH masih belum.... Masih sibuk sama yang lain... :D

Balas

hahahah.. :D betul betul...

Balas

owh yaudh deh :) sip sip

Balas

wha ,, saya sering tidur setelah sahur ,,, ngantuk banget min :D

soalnya paginya langsung sekolah :)

Balas

baru mengetahuinya saya :( terima kasih infonya

Balas

Jangan di ulangi ya sob.. :)

Balas

baru tau gue gan

Balas

klo saya kadang tidur gitu gan hehe,, thanks infonya gan

Balas

wah baru tahu saya gan :)
ngga tidur abis sahur lagi ah hehe :D

Balas

wah jdi gitu ya.. bahaya juga gan.. brmnfaat bgt nih buat tmn2 muslim..

Balas

BEnar sob... :D

Balas

Rasanya kalau tidur kepanjangan baru bahaya mas hehehe..
oh ya mas sebelumnya saya minta maaf dulu, ada sedikit yang mau saya tanyakan.

mengapa mas tidak membuat salam pembukanya seperti (selamat pagi atau lainnya) mengapa harus mengunakan pengucapan (Assalamualaikum Wr.Wb) bukankah lebih familir jika kita mengunakan bahasa seperti selamat pagi untuk menyambut tamu (Pengunjung). rasanya lebih profersional deh dengan kata2 seperti itu. dari aspek penilaian saya lebih kreatif familir, bukakah byk pengunjung ada yg beda2 agamanya. maaf jika ada kata2 yang salah.

Balas

Saya juga minta maaf kalau ucapan assalamualaikum Membuat anda Tersinggung atau selebihnya.... saya mengucapkan seperti itu karena artikel/post ini Khusus Episode Ramadhan :)

Balas

tapi di postingan lain yang tidak mengenai Ramadhan rasanya tidak ada beda mas. :)

Balas

hahaha untung ane abis sahur lngsung ke masjid sholat subuh... Kunbal ya bg http://ar-gameindo.blogspot.com/

Balas

artikel menarin sob...
http://bmaster23.blogspot.com/

Balas

Ada bedanya kok mbak..... di situ pun sudah di cantumkan logo CENTER60 Versi Ketupat Ramadhan.. :)

Balas

Bagus Kalau Begitu :)

Balas

Menarik Sob.. bukan manarin :) :D
OK .... Aku Visit

Balas

Wah Mantap Mas Bro, , , ,

Visit Back Ya : http://uzumakiramadan.blogspot.com

Balas

Mantab gimana mas... :D

Balas