Biografi Charles Cameron Kingston


PROFILE:

  • Nama Lengkap : Charles Cameron Kingston
  • Alias : Charles Kingston
  • Agama : Kristen
  • Tempat Lahir : Adelaide, Australia
  • Tanggal Lahir : Selasa, 22 Oktober 1850 
  • Zodiac : Balance

BIOGRAFI

Charles Cameron Kingston adalah seorang pengacara yang sekaligus dikenal sebagai seorang politikus berkebangsaan Australia. Charles Kingston lahir pada tanggal 22 Oktober 1850 di Adelaide, Australian Selatan. Dia adalah putra bungsu dari pasangan Sir George Strickland Kingston, seorang arsitek berkebangsaan Irlandia dengan istri keduanya Ludovina Catherina da Silva, Cameron née yang merupakan wanita Portugis. Kingston menerima pendidikan awalnya di John Lorenzo Young's Adelaide Educational Institute. Pada bulan Maret tahun 1868 saat dia berusia 23 tahun, untuk pertama kalinya Kingston melakukan praktek hukum di sebuah pengadilan di Australia Selatan. Kingston menikah dengan Lucy May McCarthy pada tahun 1873.

 Selama bertahun-tahun membina rumah tangga, pasangan Kingston tidak kunjung dikaruniai anak. Akhirnya Kingston memutuskan untuk memiliki anak dengan wanita lain bernama Elizabeth Watson. Anak yang diberinya nama Kevin kemudian Kingston rawat bersama istrinya. Akibat skandal ini, Kingston sempat dikucilkan oleh masyarakat Adelaide. Pada tahun 1881, Kingston mengikuti jejak ayahnya terjun ke dunia politik dengan menjadi anggota perlemen Adelaide Barat. Tiga tahun kemudian, pada tanggal 16 Juni 1884 Kingston diangkat menjadi Jaksa Agung. Karena kinerjanya yang bagus selama menjadi jaksa agung, kerja keras pun segera diakui oleh publik.

Selama tahun 1889, Kingston dipercaya untuk ambil bagian dalam Dewan Federal yang diadakan di Hobart. Dia juga ditunjuk untuk mewakili Australia Selatan di Konvensi Nasional Australia yang diadakan di Sydney pada tahun 1891. Kingston kemudian ikut berpartisipasi pada pemilihan umum tahun 1893. Namun sayangnya dalam pemilihan umum tersebut, Kingston menemui kendala ketika saat itu sama sekali tidak ada anggota perempuan dalam parlemen yang mendukungnya. Kingston yang hampir saja menyerah berhasil dibujuk oleh rekan politiknya John Cockburn dan Frederick Holder untuk tetap mengikuti parlemen. Mereka pun berhasil memperoleh dukungan dari Woman's Christian Temperance Union. Kingston akhirnya diminta menjadi delegasi pada Konvensi Konstitusi pada tahun 1897 hingga tahun 1898 yang bertugas untuk menyusun Konstitusi Australia. Pada tahun 1897, dia pergi ke London untuk menemui Ratu Victoria, di mana dia kemudian diangkat menjadi Anggota Dewan Penasihat dan diberikan gelar kehormatan Doctor of Laws gelar Sipil oleh Oxford University.

Ketika Konstitusi mulai berlaku di Australia sejak tanggal 1 Januari 1901, Barton yang kala itu memimpin membentuk kementerian federal pertama dan mengangkat Kingston menjadi Menteri Perdagangan dan Bea Cukai. Pada bulan Maret tahun 1901, Kingston terpilih sebagai salah satu dari tujuh orang Australia Selatan yang menjadi anggota DPR Australia pertama. Saat itu dia menjadi anggota untuk Divisi Adelaide. Pada bulan Juli tahun 1903, Kingston tiba-tiba mengundurkan diri dari seluruh kegiatan politiknya. Namun dia tetap diminta untuk menjadi anggota dewan Adelaide. Pada bulan Mei tahun 1908, Kingston meninggal dunia akibat serangan stroke. Jenazahnya kemudian dimakamkan di West Terrace Cemetery yang terletak di kampung halamannya, Adelaide.

PENDIDIKAN

  • John Lorenzo Young's Adelaide Educational Institute

Sumber:Profil.merdeka.com

 

thumbnail Title : Biografi Charles Cameron Kingston
Posted by : Unknown
Published : 2013-10-19T08:30:00-07:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews