Jika Komunikasi Anda Disadap, Segera Lakukan Cara Ini


Center60.com - Kasus penayadapan yang dialami oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan beberapa pejabat negara lainnya bisa menjadi evaluasi bagi tiap orang untuk meningkatkan kewaspadaan. Karena tak hanya orang-orang penting saja yang disadap oleh berbagai pihak, warga sipil pun juga bisa menjadi korban.

Pasalnya, tiap orang bisa mendengarkan pembicaraan komunikasi telefon juga bisa menjebol masuk ke jaringan fiber optik atau jaringan IntraNet operator. Namun jika seseorang sudah terlanjur mengetahui bahwa komunikasinya disadap, segera lakukan penangannya secepat mungkin.

Salah seorang pakar IT Indonesia, Onno W. Purbo, mengatakan hal pertama untuk melakukan penanganan dari kasus penyadapan adalah mengetahui apakah seseorang disadap atau tidak. Hal yang satu ini, lanjut Onno, biasanya sulit untuk diketahui karena penyadapan tak terdeksi. Tapi jika sudah terdeksi ada penyadapan, segera ganti nomor telepon atau SIM card.

Setelahnya, Onno menyarankan untuk menggunakan enksipsi untuk berbicara. Enkripsi adalah pengacakan data agar orang lain tidak bisa membaca atau mengetahui data yang dienkripsi tersebut. Dan yang juga tak kalah penting, lakukan koordinasi dengan lembaga atau operator terkait untuk membantu proses forensik.

Sumber: Okezone


thumbnail Title : Jika Komunikasi Anda Disadap, Segera Lakukan Cara Ini
Posted by : Unknown
Published : 2013-11-21T00:45:00-08:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews

3 komentar

Sip :D jadi komunikasi juga bisa disadap yah. harus antisipasi nih.

Balas

Wah harus siaga satu nih hehehe, tapi cara mengetahui komunikasi kita disadap gimana sob...?? Thanks infonya

Balas

zaman sekarang musim yang namanya penyadapan ya sob, hehe ada apa sih dengan australia-indonesia ?, penyadapan apa sih sob ?

Balas