Misteri Penemuan Kapal Selam Nazi di Laut Jawa

Center60 akan emmberikan seputar informasi seputar kapal selam nazi yang berada di laut jawa. apa saja informasi nya berikut yang kita ambil dari salah satu website.
Arkeolog di Indonesia mendapat temuan yang mengejutkan baru-baru ini. Mereka menemukan sebuah bangkai kapal selam yang diduga milik Nazi Jerman di Laut Jawa. Diduga kapal tersebut jenis U-Boat (Unterseeboot) milik Jerman dari masa Perang Dunia II.

Penemuan kapal selam Jerman ini menjadi yang pertama kalinya di Indonesia. Para arkeolog dari sejumlah instansi pun melakukan penelitian di kawasan utara-timur Kepulauan Karimun Jawa sejak 4 November. Dugaan sementara kapal itu salah satu dari dua UBoat milik Jerman yang tercatat tenggelam di perairan Indonesia.

Kondisi kapal hanya tinggal separuh saat ditemukan tim penyelam dengan bagian buritan atau bagian belakang sudah tidak ada. Namun kondisinya masih cukup jelas untuk dikenali bentuk keseluruhan kapal selamnya. Proses pencarian dan pengangkutan sampel artefak dari bangkai kapal memakan waktu 3 hari hingga membuat tim peneliti tinggal di tengah laut selama proses.

Temuan tersebut diantaranya 2 piring dengan lambang Nazi dan merk pabrik yang biasa memproduksi keperluan angkatan bersenjata Jerman buatan 1939. Selain itu ada kancing berlogo angkatan laut, teropong, kacamata selam, pipa untuk nafas, baterai/aki, sol sepatu, penutup panel listrik dan saklar instalasi listrik.

"Yang tidak kami temukan adanya buku-buku prajurit yang ikut dalam kru kapal," ucap Shinatria Adityatama, arkeolog bawah air Pusat Arkeologi Nasional di Jakarta Selatan, Rabu (20/11). "Dari catatan sejarahnya, setiap anggota Nazi yang ikut berlayar dengan kapal selam ini mempunyai buku tanda pengenal. Tapi itu sudah tidak ada, dan kami duga sudah hancur."

Shinatria yang akrab disapa Adit ini menganggap bangkai kapal selam yang karam kisaran 1944 itu tidak perlu diangkat. "Itu sebagai bukti kalau di negara kita ini dulunya juga menjadi saksi sejarah dunia, seperti kapal selam ini, yang ada pada zaman perang dunia kedua," imbuhnya.

Terimakasih semoga artikel kami bermanfaat bagi anda khusus nya para pembaca center60.com

Sumber: Pulsk.com

thumbnail Title : Misteri Penemuan Kapal Selam Nazi di Laut Jawa
Posted by : Unknown
Published : 2013-11-30T07:18:00-08:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews

4 komentar

Walah walah.... :3 Kapal selam NAZI toh...

Balas

Kenapa gak diangkat ya pedahal kan kalo diangkat bisa di musiumkan :)

Balas

kok tdk masuk tv y?!

Balas

Selamat malam mas,kunjungan perdana.Salam kenal mas.selamat ber istirahat,ditunggu kunjungan balik nya...

Balas