Ucapan Belasungkawa Pemimpin Dunia untuk Mandela


Berita wafatnya Nelson Mandela membuat seluruh orang bersedih. Rakyat Afrika Selatan (Afsel) khususnya dan masyarakat dunia pada umumnya merasa kehilangan sosok Mandela yang merupakan sosok pejuang.

Salah satunya adalah Kanselir Jerman Angela Merkel. Dirinya mengungkapkan jika Mandela adalah sosok yang menginspirasi dunia internasional. Menurut dia, warisan yang ditinggalkan Mandela tidak akan mudah dilupakan siapa saja.

"Bahkan bertahun-tahun di penjara tidak bisa membuat seorang Nelson Mandela bersedih atau memandang hidup menjadi pahit. Rekonsiliasi merupakan hasil perjuangannya, juga untuk Afsel," kata Merkel, seperti dilansir Trend, Jumat (6/12/2013).

Hal senada juga diungkapkan Presiden Barack Obama. Dia mengatakan bahwa Nelson Mandela telah menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia, termasuk dirinya. Dia menilai Mandela seseorang yang bekerja untuk kebebasan, keadilan, dan demokrasi.

"Dia tidak lagi milik kami. Dia telah dimakan usia (wafat)," kata Obama dengan sedikit emosional saat berbicara di Gedung Putih, seperti dilansir USA Today.

Obama menggambarkan Mandela sebagai salah satu manusia paling berpengaruh, berani, dan berjiwa besar di muka bumi ini.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan Mandela merupakan bagian integral dari sejarah modern di Afrika. Menurut Putin, Mandela memiliki otoritas yang baik di Afsel dan dunia internasional berkat aktivitas politik dan perjuangan sepanjang hidup.

"Namamu tak terpisahkan terkait dengan seluruh sejarah modern Afrika, pembangunan, dan demokratis Republik Afrika Selatan yang digembar-gemborkan," kata Putin kala mengucapkan selamat pada hari ulang tahun ke-95 Mandela beberapa waktu lalu, seperti dilansir Xinhua.

Putin juga memuji peran Mandela dalam mempromosikan hubungan persahabatan antara Rusia dan Afrika Selatan, dan menyebutkan jika kedua negara merupakan mitra strategis.

thumbnail Title : Ucapan Belasungkawa Pemimpin Dunia untuk Mandela
Posted by : Unknown
Published : 2013-12-05T22:03:00-08:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews