Ukir Gua Pasir, Pematung Diganjar Nominasi Oscar

Seorang pematung asal Amerika Serikat (AS) memiliki hobi yang fenomenal. Pasalnya dia mengukir gua-gua di tebing batu pasir di New Mexico. Aksi uniknya ini menghantarkan dia sebagai nominator penghargaan Oscar.

Ra Paulette mengukir gua pasir dengan tangannya sendiri hingga menciptakan karya seni yang luar biasa.

Pria 67 tahun ini bertahun-tahun menjadi tuna wisma. Pria yang pernah bekerja di Angkatan Laut AS ini belajar seni ukir sejak 1985 silam ketika dia bekerja di perusahaan Dixon sebagai operator alat berat.

"Proyek ini adalah salah satu cara untuk mengungkapkan jati dirinya. Saya memiliki titik awal dalam pikiran saya dan kemudian akan saya tuangkan di dalam gua-gua itu. Satu-satunya misi saya adalah menciptakan 'ruang transformasional',” ujar Paulette, seperti dikutip Oddity Central, Jumat (6/12/2013).

Proyek ini telah dilakukan Paulette selama tiga tahun tanpa ada yang membantunya. Dia tidak pernah mencoba menyewa beberapa asisten.

Aksi Paulette yang menakjubkan ini didokumentasikan dalam sebuah film dokumenter yang berjudul “Ra Caves”. Film independen yang dibuat oleh Jeffery Karoff ini tepilih sebagai nominasi dalam Oscar Awards.

Karoff telah mempelajari karya Paulette selama 10 tahun sebelum dia mulai melakukan syuting pada 2010 silam.

"Spektakuler, gua-gua itu disulap oleh Paulette. Dia adalah seniman yang paling terkenal. Namun, hanya sebuah lingkaran kecil di utara New Mexico yang menyadari kehebatan karyanya," tulis Karoff pada blog pribadinya.

Salah satu karya Paulette disebut “Tree of Human Kindness” yang terletak di Santa Fe dan Taos dengan harga USD995.000 atau sekira Rp11 miliar (Rp12.048 per USD).

thumbnail Title : Ukir Gua Pasir, Pematung Diganjar Nominasi Oscar
Posted by : Unknown
Published : 2013-12-08T01:02:00-08:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews